Kabupaten Humbang Hasundutan

Humbang Hasundutan merupakan sebuah kabupaten yang baru berdiri dengan Dolok Sanggul sebagai Ibukotanya.Humbang Hasundutan berada diwilayah provinsi Sumatera Utara,dimana pada tahun 2003 tepatnya tanggal 28 Juli 2003,kabupaten Tapanuli Utara di provinsi Sumatera Utara dimekarkan menjadi 2 (dua) kabupaten yaitu Kabupaten Tapanuli Utara dengan ibukotanya adalah Tarutung dan Kabupaten Humbang Hasundutan,sesuai dengan UU No.9 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Nias Selatan,Kabupaten Pakpak Bharat, dan Kabupaten Humbang Hasundutan di Propinsi Sumatera Utara.Pemekaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan kepada masyarakat dan pelaksanaan pembangunan juga untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat didaerahnya.
Humbang Hasundutan berada pada ketinggian 330-2.075 meter dibawah permukaan laut,hawa didaerah ini sangat sejuk dan dingin. Mayoritas penduduk Kabupaten Humbang Hasundutan adalah pemeluk agama Kristen.Pada data tahun 2004 jumlah penduduk Kabupaten Humbang Hasundutan adalah 154.280 jiwa.

Kabupaten Humbang Hasundutan terdiri dari 10 kecamatan yaitu :
  1. Kec. Dolok Sanggul
  2. Kec. Baktiraja
  3. Kec. Lintong Nihuta
  4. Kec. Pakkat
  5. Kec. Paranginan
  6. Kec. Parlilitan
  7. Kec. Pollung
  8. Kec. Sijama Polang
  9. Kec. Tarabintang
  10. Kec. Onan Ganjang
Kecamatan dengan jumlah penduduk terbesar adalah kecamatan Dolok Sanggul dengan jumlah penduduknya sekitar 34.083 jiwa sedangkan jumlah penduduk terkecil berada di kecamatan Sijama Polang dengan jumlah penduduknya sekitar 4.742 jiwa.
Mayoritas pekerjaan penduduk di kabupaten Humbang Hasundutan adalah bertani,dengan komoditas terbesarnya yaitu Kopi Selain kopi, kabupaten Humbang Hasundutan juga kaya akan Kemenyan.
Komoditas pertanian lainnya adalah Cabe, Tomat, Kentang, Sawi,Wortel, Bawang Merah, Karet, Kulit Manis, Kemikir, Coklat, Kelapa Sawit, Aren, Kelapa, Tebu, Jahe, Cengkeh dan juga Andaliman.
Kabupaten Humbang Hasundutan memiliki lahan hutan seluas 159.392 Ha terdiri dari hutan produksi seluas 84.540 Ha dan hutan lindung seluas 74.852 Ha.Kawasan hutan terbesar berada diwilayah kecamatan Parlilitan yakni 35,58 % dari hutan yang berada di kabupaten ini.
Kabupaten Humbang Hasundutan memiliki beberapa lokasi air terjun yang dapat dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik.Air Terjun dengan ketinggian jatuh tertinggi adalah Aek Sipang dengan ketinggian 125 meter,Sipultak 75 meter,Sisira 75 meter,Simarhilang 50 meter,dll.Keempat air terjun ini berada di satu desa yakni desa Sijarango (Janjimatogu) kecamatan Pakkat.






Semoga informasi ini bermanfaat.
Terima kasih anda telah membaca artikel tentang
Kabupaten Humbang Hasundutan
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Catatan Pena

Share this :

Previous
Next Post »
3 Komentar
avatar

bah adong do hape air terjun d humbang.....

boasa dang terlalu dipublikassihon hape????

asa dikembangkan kn boe menambah pendapatan daerah ta??

ido kan? kan ido?

Balas
avatar

baru huboto dope adong air terjun di humbang,,,
perlu dibwt iklan tuh biar tersebar luas,,
soalnya banyak yang yg ga thu itu,,

Balas
avatar

kenapa air terjun yg di bakkara itu tidak di publikasikan juga?

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔